Skip to main content

"A New Way of Learning : Digital Learning" Seru !

Hasil gambar untuk digital


 Ilustrasi Dunia Digital
Sumber : semnexus.com
"Technology will never replace great teachers, but technology in the hands of great teacher is transformational"- George Curous.

Selasa  18 Agustus 2018, hari pertamaku dan teman-teman kelas 1-15 prodip D III Kebendaharaan Negara mengikuti kelas Pengantar Komputer. Yap, memang secara jadwal kami seharusnya perdana mengikuti kelas ini selasa pekan lalu, namun karena bertepatan dengan libur 1 Muharram maka kami baru dapat mengikutinya pekan ini.

Melihat nama mata kuliah Pengantar Komputer di jadwal perkuliahan kelasku semester ini, yang pasti yang langsung terbayang olehku tentu komputer itu sendiri. Memang untuk sebagian orang pasti hal ini sudah tidak asing dikarenakan dahulu materi komputer sudah mulai diajarkan di tingkat sekolah dasar yang mungkin sering disebut dengan pelajaran TIK ( Teknologi Informasi Komunikasi). Begitupun bagiku yang sudah mengenal pelajaran ini hingga aku berada di tingkat SMP. Ya, tidak ada yang asing dan pun tidak ada rasa ketertarikan yang teramat sangat bagiku untuk mengikuti mata kuliah ini. Eitss... tapi tunggu dulu... persepsi tersebut seakan-akan sirna ketika kelas untuk mata kuliah Pengantar Komputer ini mulai dibuka oleh Bapak Eko Satyono sebagai dosen. Kelas yang mengedepankan pendekatan secara digital yang juga sangat kental akan suasana santai namun tak luput dari esensi tersebut memang sudah mengubah persepsi ku akan pelajaran komputer yang selama ini terkesan biasa saja-dimana hanya masuk ke labor dan mengutak-atik komputer- sejak email pertama tentang pembentukan Google Classroom untuk mata kuliah ini. Tentu hal baru bagiku yang belum pernah mengikuti proses belajar mengajar dengan media Google Classroom walaupun aku sudah mengetahuinya sebelumnya. Pun tak ketinggalan, mata kuliah ini juga dibawakan dengan banyak cara baik presentasi, video hingga games yang  sangat efektif untuk menghilangkan rasa jenuh bagi para mahasiswa. Pun tak ketinggalan punya banyak tugas-tugas yang menarik dan inovatif yang salah satunya kegiatan  blogging mengenai reflective learning yang menjadi tujuan utama blog ini hadir tentunya.





Gambar : Kegiatan penyaangan video interaktif
Sumber : Dokumen Pribadi



Gambar : Kegiatan games yang tetap bernilai edukasi
Sumber : Dokumen Pribadi



Saya berharap besar, kesan baik yang saya dapatkan di pertemuan pertama ini dapat terus memacu  saya dan seluruh teman-teman Prodip III Kebendaharaan Negara Kelas 1-15 untuk terus bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan perkuliahan dan tentunya memperoleh ilmu-ilmu baru dan keahlian lainnya guna menjemput cita-cita kami bersama yakni menjadi punggawa keuangan negara kebanggaan bangsa! #SalamKalungMerah

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memaksimalkan Peran Bendahara Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Negara

Gambar : Ilustrasi Kegiatan Bendahara Sumber : https://www.idntimes.com I.  PENDAHULUAN Kembali seperti tahun sebelumnya, penerimaan negara dari sektor pajak di tahun 2018 belum mencapai hasil sebagaimana ditargetkan di dalam APBN. Catatan Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa realisasi pendapatan negara dari sektor pajak pada tahun 2018 berkisar di angka 92 persen dari target APBN, yang mana mengakibatkan terjadinya kekurangan penerimaan ( shortfall ) pajak senilai 108,1 triliun. Dilihat dari angkanya, sebuah nilai yang tidak kecil tentunya. Ditelisik lebih dalam, banyak faktor yang menjadi penyebab belum maksimalnya pencapaian target penerimaan negara dari sektor pajak. Salah satu faktor penting yang sering terabaikan yakni bendahara pemerintah itu sendiri. Padahal bendahara pemerintah memegang peran penting dalam proses penerimaan pajak. Hal inilah yang kemudian harus menjadi perhatian lebih guna memaksimalkan penerimaan pajak terkhusus pajak yang memiliki korelasi